Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gampong Blang Cut

GAMPONG BLANGCUT – Gampong Blang Cut Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh memiliki tradisi yang unik dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, SAW. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh Masyarakat Gampong Blang Cut Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh penuh dengan kemeriahan dan keakraban, Sabtu (09/01/20).

Pada saat pelaksanaannya, warga desa berbondong-bondong menuju ke meunasah dan para warga dari desa lain juga di undang untuk menikmati santapan hidangan Maulid. Namun, sebelum menikmati hidangan Maulid, terlebih dahulu dilakukan Zikir Maulid. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan acara santapan hidangan kenduri Maulid.

Panitia akan membagikan nasi dan juga lauk pauknya kepada warga yang telah duduk teratur untuk disantap saat itu. Setelah itu rombongan undangan tersebut juga di perbolehkan membawa pulang nasi dan lauk pauknya kerumah. Ada kebanggaan bagi warga yang berkenduri, apabila makanan yang dikendurikan olehnya habis dimakan dan dibawa pulang oleh warga lainnya.

Untuk pelaksanaan kenduri maulid ini, dilaksanakan pada siang hari, sedangkan pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama (Dakwah Islamiah) yang disampaikan oleh tgk.Rahmat Fajri dan pembacaan al-qur’an oleh qori T.Alamsyah S.H.

Pada malam harinya, warga baik tua maupun muda, pria maupun wanita berbondong-bondong menuju ke meunasah untuk menyaksikan dan mendengarkan ceramah agama. Bahkan warga juga ikut membawa alas duduk masing-masing dari rumah agar dapat lebih leluasa mendengarkan ceramah agama di depan menasah gampong Blang Cut

Begitulah kemeriahan pelaksanaan tradisi Maulid di di Gampong Blang Cut Kecamatan Lueng Bata, seluruh warga larut dalam berbagai proses pelaksanaannya.(*)